-->

7 Manfaat Penting Daun Sirsak Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Gambar 1. Daun Sirsak

   Sirsak, Nangka Belanda, atau Durian Belanda (Annona muricata L.) adalah tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun, tanaman ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini mampu tumbuh dengan ketinggian mencapai 9 meter. Tumbuhan ini sendiri dapat tumbuh dengan sumbur pada daerah yang cukup berair dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut.


Kandungan Daun Sirsak

Daun sirsak yang sekarang mulai populer karena kemampuannya untuk membunuh sel-sel kanker ternyata juga memiliki banyak manfaat lain. Mungkin kebanyakan dari kita masih belum mengetahui apa sih yang terkandung dalam daun sirsak sehingga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Daun sirsak yang dikenal juga dengan Graviola atau Soursop ini berperan penting dalam menghancurkan kanker bahkan 10rb kali lipat lebih kuat dibandingkan terapi kemo.

Di Amerika Serikat, telah dilakukan penelitian terhadap khasiat yang terkandung pada daun sirsak dari 20 laboratorium yang ada sejak 1970-an. Yang membuktikan bahwa dalam daun sirsak terkandung :
Iactones: Annohexocina; Annomuricina A, B, C dan E; Annomutacina; Annopentocinas A, B dan C; Muricoreacina; Gigantetronemina; Murihexocina A dan C; Javoricina
Isoquinolin: Anonaine; Anoniine; Atherospermine; Coreximine
Lipid: Asam Gentisic; Asam Lignoceric; CLA; Asam stearat

Dan khasiat dari daun sirsak sendiri menurut hasik test yang telah dilakukan adalah :
  • Daun sirsak secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang ada. Diantaranya : kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar, kanker paru - paru, kanker pankreas.
  • Daun sirsak mampu memperlambat dan membunuh sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan terapi kemo.
  • Daun sirsak juga mampu membunuh sel jahat tanpa merusak sel - sel yang sehat sedikitpun.

Manfaat Daun Sirsak

Berikut ini merupakan uraian dari beberapa penyakit yang dapat di sembuhkan menggunakan daun sirsak :

1. Daun Sirsak Sebagai Obat Kanker
   Seperti yang telah kita bahas di atas tadi bahwa daun sirsak merupakan Graviola atau Soursop yang memiliki manfaat penting untuk membunuh sel - sel jahat 10ribu kali lebih kuat di bandingkan dengan terapi kemo maupun Adriamycin. Untuk mendapatkan khasiat daun sirsak sebagai obat kanker kita hanya perlu meminum ekstrak daun sirsak setiap hari secara rutin. Cara membuatnya adalah kita hanya perlu menyiapkan daun sirsak sebanyak 10-15 lembar daunnya dan rebus dengan menggunakan air sebanya 3 gelas. Rebus air beserta daunnya hingga air nya hanya tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan tersebut setiap pagi.

2. Daun Sirsak Sebagai Obat Asam Urat
   Asam urat atau Gout adalah penyakit dimana penderita akan merasakan nyeri yang luar biasa hingga tak tertahankan, pembengkakan dan rasa panas pada persendian. Nah penyakit asam urat sendiri dapat di obati dengan meminum sari daun sirsak. Untuk cara membuatnya pun juga mudah. Kita siapkan terlebih dahulu daun sirsak sebanyak 7-8 lembar yang sudah tua namun masih berwarna hijau. Kemudian rebus menggunakan air sebanyak 2 gelas. Rebus hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas saja. Tunggu air rebusan tadi hingga dingin kemudian minum satu hari cukup 1 gelas saja dan diminum 2 kali yaitu pagi dan sore hari.

3. Daun Sirsak Sebagai Obat Rematik
   Rematik adalah gangguan pada persendian dan tulang yang biasanya menyerang orang dewasa dan manula. Kita dapat mengobati penyakit ini menggunakan daun sirsak. Cara untuk menyebuhkannya adalah kita hanya perlu menumbuk daun sirsak secukupnya hingga halus kemudian tinggal kita tempelkan saja pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Lakukan hal ini 2 kali sehari.

4. Daun Sirsak Untuk Mengurangi Komedo
   Ternyata daun sirsak yang telah dihaluskan kemudian di beri air mawar dapat sangat berguna untuk mencegah terjadinya komedo dan masalah pada kulit lainnya.

5. Daun Sirsak Sebagai Obat Anti Kutu Untuk Rambut
   Jika anda ingin selalu menjaga kesehatan dan kebersihan rambut anda, daun sirsak dapat anda pertimbangkan sebagai salah satu herbal yang dapat mengatasi masalah pada rambut anda. Hal ini disebabkan karena Daun sirsak memiliki kemampuan untuk membunuh parasit yang bisa saja mengganggu kesehatan rambut. Caranya adalah dengan merebus daun sirsak sesuai selera anda selama 10-20 menit hingga mendidih kemudian tunggu hingga agak dingin (hangat) apabila sudah hangat anda dapat menggunakanyya untuk berkeramas yang dapat membantu anda menghilangkan parasit, ketombe dll.

6. Daun Sirsak Sebagai Obat Kulit
   Dalam Daun sirsak terdapat kandungan Vitamin C yang sangat tinggi hal ini dapat membantu untuk melepaskan antioksidan dan melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak masalah pada kesehatan kulit. Seperti Kulit keriput, garis halus, pigmentasi berat yang dapat menyebabkan masalah besar bagi penampilan anda khususnya para kaum hawa. Meminum sari dari ekstrak daun sirsak adalah solusi bagi anda yang ingin mengatasi masalah pada kulit. Namun untuk mengatasi masalh lain seperti bisul, gatal, lainnya anda dapat menghaluskan daun sirsak kemudian menempelkannya pada permukaan yang terkena bisul. Bersihkan saat daun sirsak yang tertempel sudah terasa kering.

7. Daun Sirsak Sebagai Obat Diabetes
   Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak sebagai obat untuk menyembuhkan diabetes. Kita hanya perlu merebus 5-6 helai daun sirsak dan merebusnya menggunakan air sebanyak 3 gelas dan biarkan hingga mendidih dan menguap sehingga airnya tinggal 1 gelas saja. Konsumsi pada pagi hari dan malam hari selama satu minggu, kemudian cek kembali kadar gula darah anda.

Efek Samping

Dibalik segudang manfaat dari daun sirsak ini. Ada beberapa efek samping yang harus diperhatikan sebelum menerapkannya ke tubuh. Diantaranya :

1. Penyakit Parkinson
   Bagi anda yang menderita penyakit parkinson tidak disarankan mengkonsumsi daun sirsak karena menurut hasil penelitian ditemukan bahwa pada daun sirsak terkandung senyawa kimia yang juga ditemukan pada penderita parkinson. Hal ini ditakutkan dapat memperburuk penyakit parkinson anda. Penyakit parkinson sendiri adalah kerusakan otak dan saraf progresif yang mempengaruhi gerakan (motor system)

2. Masalah Neurotoksisitas
   Mengkonsumsi teh daun sirsak terlalu sering juatru malah akan menimbulkan penyakit. Masalah yang terjadi pada orang yang terlalu sering mengkonsumsi teh daun sirsak yaitu masalah Neurotoksisitas. Neurotoksisitas sendiri merupakan sejenis kerusakan otak yang pada akhirnya dapat mengganggu neuron (saraf).

3. Tingkat Darah Rendah
   Daun sirsak sendiri juga memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Kemampuan ini sangatlah berguna bagi penderita tekanan darah tinggi. Namun, justru akan berbahaya bagi orang yang menderita tekanan darah rendah. Jadi tidak disarankan bagi anda yang menderita tekanan darah rendah untuk mengkonsumsi daun sirsak secara rutin.


Nah itu tadi pembahasan mengenai Daun Sirsak. Mulai dari Kandungan Daun sirsak, Manfaatnya bagi kesehatan, hingga efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi daun sirsak. Jika menurut anda artikel ini berguna mohon untuk share artikel ini ke media sosial anda. Mungkin orang lain membutuhkan informasi ini.
Dan jika berkenan anda dapat meninggalkan komentar di kolom yang sudah disediakan. Terima Kasih

0 Response to "7 Manfaat Penting Daun Sirsak Bagi Kesehatan Dan Kecantikan"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda,
Harap Patuhi Peraturan Ini :
√ Dilarang Spam
√ Dilarang Berkomentar Yang Tidak Berkaitan Dengan Postingan
√ Tidak Boleh Berkomentar Menggunakan Link Aktif
√ Berkomentar Harus Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel