-->

6 Manfaat Penting Buah Kepel Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Kepel

   Buah Kepel atau dalam bahasa latin disebut Stelechocarpus burahol atau bisa juga disebut burahol. Buah Kepel merupakan buah asli indonesia tepatnya berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekarang buah ini sulit sekali dijumpai di pasaran bahkan pohonnya pun sudah jarang di temukan. Buah ini merupakan buah yang hanya dikonsumsi oleh anggota kerajaan saja terutama putri - putri raja bahkan ada isu bahwa buah ini tidak diperbolehkan ditanam oleh rakyat biasa dan rakyat biasa juga tidak boleh memakannya.

Buaah Kepel
Souce : facebook.com
   Pohon dari buah kepel sendiri mampu tumbuh hingga 20 meter. Meskipun pertumbuhannya sangat lambat, seperti tumbuhan di daerah tropis lainnya. Pohon Buah kepel sendiri memerlukan waktu dari biji hingga dapat berbuah selama kurang lebih 8-9 tahun. Buah Kepel yang berkualitas baik adalah Buah kepel yang masak langsung dari pohon karena rasanya pasti sangatlah manis dan masih segar tentunya.

Manfaat Buah Kepel

   Adapun manfaat dari buah kepel untuk kesehatan dan kecantikan :

Menyehatkan Sistem Pencernaan

   Buah kepel dapat menyehatkan pencernaan karena buah kepel sendiri memiliki bakteri baik yang terkandung di dalamnya. Bakteri ini bernama Probiotik, dan buah kepel merupakan Prebiotik yang berarti jenis makanan yang memiliki probiotik yang terkandung di dalamnya. Dengan memakan buah kepel, kita dapat menstimulasi perkembangan bakteri tersebut di dalam tubuh, terutama di usus, sehingga sistem pemcernaan dapat tetap terjaga kesehatannya.

Menurunkan Kadar Kolesterol

   Selain buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan manusia daunnya pun juga bermanfaat bagi kesehatan. Daun dari pohon buah kepel sendiri dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol atau lebih tepatnya menyeimbangkan level kolesterol jahat (HDL) dalam darah. Daunnya dapat anda konsumsi denga cara merebus daun sejumlah 7-8 helai dengan menggunakan 3 gelas air, kemudian rebus hingga airnya berkurang dan tinggal 1 gelas saja. Air rebusan tersebut dapat anda minum setiap hari. Daun dari pohon buah kepel juga dapat di konsumsi dengan dimakan langsung sebagai lalapan.

Sumber Energi yang Baik Bagi Tubuh

   Buah kepel yang masak di pohon rasanya bisa sangat manis, dengan rasa mania itu pasti ada gula yang terkandung di dalamnya. Nah gula tersebut saat di konaumsi akan di ubah oleh enzim di dalam tubuh menjadi sumber energi bagi aktivitas kita.
Namun tidak perlu khawatir karena gula alami yang terkandi pada buah - buahan (fruktosa) aman dikonsumsi oleh manusia karena sebagian besar akan terurai menjadi laktat dan glukosa di hati dan menjadi energi bagi tubuh.

Mengatasi Masalah Asam  Urat

   Dalam buah kepel terkandung antihyperuricemic yang berguna mengoreksi kelebihan atau kekurangan kadar asam urat dalam tubuh. Bila anda memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh atau (hyperuricemic). Hal tersebut dapat di kontrol dengan memakan buah kepel.

Mengobati Encok

   Daun dari buah kepel juga dapat digunakan untuk mengobati encok. Dengan cara merebus 7-8 helai daun buah kepel dan direbus dengan air sejumlah 2 gelas kemudian didihkan dan tunggu hingga tinggal tersisa 1 gelas saja. Konsumsi air rebusan tersebut secara rutin setiap hari dengan 2-3 kali dalam sehari.

Menghilangkan Bau Mulut dan Bau Badan.

   Buah kepel di percaya dapat menghilangkan bau badan pada tubuh. Hal ini telah di buktikan dengan penelitian pada tahun 2012 yang di publikasikan pada Research Jurnal of Medicinal Plants yang diujicobakan pada tikus. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa kadar amonia dan methyl-mercaptan (dua zat sisa pencernaan yang menyebabkan bau tidak sedap) yang terdapat pada fases tikus dengan memberikan bubuk sari dari buah kepel secara oral pada tikus.

Nah itu tadi pembahasan tentang buah kepel dan berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Maka jangan lagi ragu membeli buah lokal asli indonesia yang satu ini. Walaupun sudah sulit ditemukan di pasaran. Namun buah ini masih bisa di temukan di beberapa daerah khususnya di pedesan. Silahkan berkomentar di bawah 👇👇👇.

0 Response to "6 Manfaat Penting Buah Kepel Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda,
Harap Patuhi Peraturan Ini :
√ Dilarang Spam
√ Dilarang Berkomentar Yang Tidak Berkaitan Dengan Postingan
√ Tidak Boleh Berkomentar Menggunakan Link Aktif
√ Berkomentar Harus Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel